80 Persen Karyawan Daihatsu Lulusan SMK

Jakarta, KompasOtomotif – Astra Daihatsu Motor (ADM) merasa penting membina Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) buat mencetak siswa-siswi lulusan yang kompeten menghadapi perkembangan industri otomotif di Indonesia. Dampaknya sudah terasa langsung pada ADM karena pada kenyataannya, sebesar 80 persen karyawan ADM berasal dari SMK.

Joko Baroto, Head HR Division ADM menjelaskan total karyawan perusahaan berjumlah 11.000 orang, itu berarti 8.800 karyawan memiliki ijazah SMK. Sebagian besar lulusan SMK itu bekerja di pabrik Daihatsu.

Saat ini ADM memiliki dua pabrik perakitan kendaraan, di Sunter, Jakarta Utara dan Karawang, Jawa Barat. Total kapasitas terpasang kedua pabrik tersebut mencapai 530.000 unit per tahun.

“Sebanyak 80 persen dari SMK, sisanya dari SMA. Dulu kalau kami melakukan tes (penerimaan karyawan) dari tujuh orang kami dapat satu. Tetapi khusus dari SMK binaan kami, bisa dapat satu dari empat atau lima yang dites,” kata Joko di Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Para siswa pemenang Daihatsu Skill Contest 2016.

ADM membina sekitar 127 SMK di Indonesia. Sebagian besar sudah menjalankan kurikulum kerja sama dengan Daihatsu. Dari seluruh SMK di Indonesia yang berjumlah sekitar 13.000, hanya 3.000-an yang memiliki kurikulum teknik kendaraan ringan atau otomotif.

Salah satu bentuk dukungan ADM buat pengembangan SMK yakni program Daihatsu Skill Contest yang melibatkan ribuan guru dan siswa. Cara ini dikatakan bisa pihak SMK untuk mengukur sejauh mana kemampuan mengikuti perkembangan industri otomotif nasional.

Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra mengatakan tidak mudah mencari karyawan berkualitas dari SMK untuk perusahaan. “Dengan program ini paling tidak mutunya bertambah,” ucap Amelia.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/12/02/165200015/80.persen.karyawan.daihatsu.lulusan.smk

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *